Friday, April 27, 2012

Mengirim uang dari Amerika ke Indonesia

Mengirim uang dari Amerika ke Indonesia ternyata tidak sulit dan semahal yang saya pikirkan sebelumnya. Kalau mengggunakan western union atau menggunakan jasa bank memang mahal, ongkosnya antar $30-$60, dan diterima 3-4 hari kerja. Tapi menggunakan jasa moneygram jauh lebih murah, hanya $0.90 dan dapat diterima 10 menit setelah dikirim. Moneygram pun sangat mudah ditemui di department store, seperti wallmart atau longs drugs.

Pertama kali saya mencoba mengirim uang pake jasa moneygram karena waktu itu ingin bikin kejutan pada ibu saya. Yah sangat simpel memang, hanya menyetor uangnya, bayar 90 cent dan 10 menit kemudian uangnya langsung bisa di ambil.


Moneygram sendiri telah bekerja sama dengan beberapa bank di Indonesia sebagai tempat pengambilan uang yang kita kirim dari sini. Sayangnya di Makassar tempat sebagian besar keluarga saya berada, belum begitu banyak bank yang bisa di gunakan untuk menerima uang dari jasa pengiriman moneygram ini. Jadi saya lebih senang mengirim atas nama adik saya di Yogyakarta karena disana ada banyak bank yang bisa dia gunakan baik BCA, Niaga ataupun Mandiri.

Ada cerita menarik saat saya mencoba mengirim uang via moneygram atas nama ipar saya. Waktu itu ibu saya sakit, dan satu-satunya orang yang bisa di mintai tolong untuk mengambil uang itu adalah adik ipar saya. Adik ipar saya ini punya nama Muhammad --------. Nah pada saat dia mengambil uang ini di wisma menara jalan sultan Hasanuddin dia harus tertahan beberapa jam karena sang kasir tidak mau memberikan uang itu, padahal dia sudah memperlihatkan nomor reference dan KTP nya. Setelah lama menunggu akhirnya dia dipertemukan dengan pimpinan disitu dan ditanya-tanya, uangnya dari mana, mau di apakan ternyata ooo ternyata ada buronan yang bikin kekacauan di China namanya persis sama dengan namanya..he..he..he. Tapi akhirnya uangnya bisa di ambil juga.

Sejauh ini, moneygram merupakan sarana yang familiar oleh teman-teman disini jika ingin mengirim uang ke keluarga di Indonesia. Kalau ada yang mengirimi anda uang via moneygram atau mau mengirim uang silahkan cari dulu lokasi terdekat dari tempat anda lokasi moneygram, kalau perlu telepon sebelum kesana.

3 comments:

Unknown said...

FYI, MoneyGram juga sudah bisa diambil di kantor pos besar seluruh Indonesia mbak...

Mohd Esha said...

Assalamualaikum
saya mahu bertanya sedikit kalau kita menerima wang dari USA ke Bank negara Indonesia adakah kita untuk membayar yuran
mohon di jawab

terima kasih

Unknown said...

Saya kecewa pake jasa money gram...setelah hampir lebih 3 tahun sy menggunakan jasa money gram ..tp x ini sy dipersulit tuk menerima kiriman adik sy yg sllu kirim via money gram...alesannya tdk jelas....

Post a Comment